Kata Kata Di Sepertiga Malam

Bulan tulen Ramadan menjadi momentum bagi umat muslim untuk adu cepat berbuat guna dan menunaikan ibadah. Ibadah sunah maupun wajib pada wulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, seperti hadis Rasulullah SAW:

“Pahala umrah lega bulan ramadan menyamai pahala ibadah haji,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keseleo satu ibadah nan mendatangkan banyak pahala adalah salat sunah di sepertiga lilin lebah. Namun cak kenapa sepertiga malam menjadi waktu yang sangat dipetuakan bakal beribadah? Dan sepertiga malam jam berapa yang paling tepat bagi melaksanakan solat sunah? Simak jawabannya berikut ini ya!

Keistimewaan sepertiga lilin lebah

Sumur Gambar: cnnindonesia.com

Sepertiga malam merupakan waktu yang terbaik untuk berdoa karena membuat kita lebih dekat dengan Halikuljabbar SWT. Seperti disampaikan Rasulullah SAW dalam hadist berikut:

“Di malam hari terwalak suatu waktu yang tidaklah sendiri orang islam memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan barang apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya,”
(HR. Mukmin).

Selain itu muslim nan beribadah di sepertiga malam akan mendapatkan perlawanan kasih cak acap dari Allah SWT. Keadaan ini terdapat intern hadist berbunga Abuk Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala jebluk setiap lilin batik ke langit dunia hingga tersisa sepertiga lilin batik terakhir, tinggal Sira berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta puas-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun sreg-Ku, pasti akan Kuampuni’,”
(HR. Bukhari dan Mukmin).

Salat tahajud di sepertiga malam

Perigi Kerangka: islamidia.com

Umumnya umat mukmin mengisi sepertiga malam dengan mengaji dan menunaikan beberapa salat sunnah. Riuk satunya adalah salat tahajud. Salat ini dahulu dinasihatkan bagi umat muslim. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT privat arsip Al Isra ayat 79, yang artinya:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah dia sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; sepatutnya Tuhan-mu mengangkat sira ke medan yang terpuji.”

Jam terbaik di sepertiga malam

Sumber Rang: freepik.com

Sepertiga lilin batik pertama berkisar antara jam 19.00-22.00. Kemudian sepertiga lilin batik kedua berkisar antara jam 22.00-01.00. Sedangkan sepertiga malam ragil berkisar antara 01.00-03.00.

Sebenarnya salat tahajud dapat dilakukan di jam berapapun setelah ibadah salat isya. Hanya dianjurkan untuk tidur bertambah silam sebelum salat tahajud dan waktu terbaik bagi melaksanakan salat tahajud merupakan sepertiga malam terakhir, yakni jam 03.00 hingga menjelang waktu salat subuh.

BACA JUGA: 5 Tips Berhasil Khatam Al-quran di Bulan Bulan mulia

Selain tahajud, dia juga dapat menunaikan amalan-amalan lain seperti mengaji, salat taubat, salat pungkur, dan lain sebagainya. Sepertiga lilin lebah juga bisa diisi dengan i’tikaf dengan karsa cuma untuk beribadah kepada Allah SWT. Sudahlah, semoga kamu tak bingung juga menentukan jam berapa harus bangun untuk melaksanakan ibadah di sepertiga malam ya.

Source: https://www.boombastis.com/sepertiga-malam/285344

Posted by: itugas.com