Belajar Membuat Jendela Denah Pada Autocad 2007

Fungsi Layer AutoCAD

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang pentingnya guna Layer pada tuntutan AutoCAD

Jika kalian cuma menggambar sebuah part maupun sebuah peta tercecer, boleh jadi layer ini tidak begitu berarti. Belaka lain halnya saat kalian menggarap sebuah drawing kompleks yang di dalamnya terdapat banyak onderdil maupun banyak bagian-bagian. Sonder layer saya yakin kalian akan kesulitan bakal menyelesaikan gambar-gambar obsesi tersebut.

Sebenarnya pengetahuan akan halnya layer ini yakni pengumuman dasar kerumahtanggaan proses sparing menggambar. Entah mau jadi drafter profesional maupun tidak, kepingin menggarap projek besar atau tidak, yang namanya layer wajib hukumnya untuk kita pelajari.

Karena saya yakin jika nantinya kalian bermoral-bermartabat terjun ke dunia drafting, cepat ataupun lambat pasti akan  membutuhkan nan namanya layer.

Secara garis segara, materi yang akan saya tulis pada artikel kali ini adalah sebagai berikut:

  • Definisi dan Keistimewaan Layer Pada Aplikasi AutoCAD
  • Prinsip membuat Layer
  • Pendirian menggunakan Layer

Oke sewaktu saja kita timbrung ke bahasan nan pertama.

Definisi dan Kemustajaban Layer

Secara bahasa “Layer” berjasa lapisan. Begitu juga dalam AutoCAD, layer berfungsi bakal membuat atau meleraikan gambar ke dalam lapisan-lapisan nan farik.

Misalnya saat menggambar sebuah kar konstruksi, kita bisa menggambar tembok, tegel, sengkuap, pintu dan jendela di dalam layer yang berbeda satu selaras lain.

Dengan adanya layer, kalian bisa menyembunyikan ataupun mencadangkan kelompok rang tertentu. Ini akan menggampangkan peroses edit tulang beragangan dan sekali lagi memungkinkan kita untuk print objek-bulan-bulanan tertentu kerumahtanggaan kerangka tanpa menghapus bulan-bulanan lainnya.

Layer pun bisa kita gunakan untuk memisahkan dominasi-supremsi sebagai halnya Line Style, Line Color dan bukan sebagainya. Sehingga saat kita membutuhkan pengaturan tertentu kita memadai aktifkan layer nan berisi pengaturan nan kita butuhkan.


Baca juga:

  • Tips Membiasakan AutoCAD Otodidak
  • Tips Kuliah Langsung Kerja Lenyap Tepat Waktu

Pendirian Menciptakan menjadikan Layer Baru Pada AutoCAD

Berikut adalah elus persiapan untuk membuat Layer mentah sreg AutoCAD

1. Bentang Ii kabupaten Dialog Layer Manager

Langkah pertama bagi takhlik Layer yaitu membuka boks dialog Layer Properties Manager. Terserah beberapa cara membuka boks dialog ini, tapi yang paling mudah adalah ketik LA di baris perintah, kemudian Enter.

Sesudah itu akan unjuk kotak dialog Layer Properties Manager seperti bentuk di radiks ini.

Layer properties manager

2. Klik New Layer

Anju kedua adalah klik menu
New Layer
yang ada di n domestik boks dialog Layer Properties Manager. Lihat penggalan yang diberi stempel kotak asfar pada gambar diatas. Atau bisa juga ketik Alt+Lengkung langit.

3. Tulis Jenama Layer

Setelah klik New Layer, maka akan unjuk layer baru pada list layer. Ubah nama layer dengan nama nan kalian inginkan. Usahakan tanda Layer majuh sesuai dengan isi Layer, misalnya layer tersebut akan di isi dengan objek-objek bagian dalam kondominium, kalian bisa beri nama “Bagian dalam”.

Setelah itu kalian dapat mengatur Layer Color, Line Type, Line Weight dan Transparency langsung disamping kanan Layer Name.

Cara Menggunakan Layer Lega AutoCAD

Nah, seterusnya saja jelasakan bilang prinsip bakal me-manage Layer seperti mengaktifkan layer, mengunci layer dan lain sebagainya.

1. Mengakatifkan Layer

Perlu kalian tahu bahwa setiap boleh jadi kita menulis objek di layar kerja, secara otomatis bahan tersebut akan masuk ke Layer yang medium aktif saat itu. Jadi misalnya kita akan menggambar Interior dalam sebuah denah kondominium, kita aktifkan Layer Interior sampai-sampai dahulu.

Untuk mengaktifkan layer, kita sepan urai Layer Properties Manager kemudian klik 2x sreg layer yang ingin kita aktifkan.

Ataupun cara lainnya, klik layer nan kita inginkan, lalu klik tombol menu
Set Current. Layer yang aktif terletak tanda contreng yunior.

2. Menambahkan dan Menjangkitkan object ke dalam layer

Seperti yang tadi saya katakan di atas, setiap kali kita menulis objek maka objek tersebut akan otomatis masuk ke privat Layer yang sedang aktif.

Tetapi tidak jadi ki aib, kalau misalnya kita terlanjur menulis objek sebelum membuat Layer. Kita bisa membentuk Layer, sesudah itu menambahkan susuk ke internal Layer mentah kita. Kaidah ini pun boleh kita gunakan cak bagi memindahkan korban dari Layer satu ke Layer lainnya.

Caranya adalah block / penyortiran semua object yang akan kita masukkan ataupun kita pindahkan ke dalam Layer tertentu. Setelah itu klik kanan, lalu diskriminatif
Properties. Expand menu
Layer, lalu klik nama layer yang kita inginkan.

3. Ondok Layer tertentu

Bagi menyembunyikan maupun menganjurkan salah suatu ataupun beberapa layer, caranya urai kotak dialog Layer Properties Manager, lalu klik Layer nan kita inginkan. Setelah itu klik
OFF
(icon lampu). Jika icon lampu telah berubah warna terbit putih menjadi biru berarti layer sudah OFF.

Atau kita juga boleh meng-hidden layer dengan klik icon
Freeze.

Sekilas tidak terserah perbedaan antara Opsi OFF dan Freeze, keduanya akan sama-setara menghilangkan layer pecah jib kerja. Penjelasan perbedaan OFF dan Freeze bisa kalian simak plong pelengkap video di akhir artikel ini.

4. Mengapit Layer

Lakukan mengunci layer, buka Layer Properties Manager suntuk klik layer yang akan kita kunci. Setelah itu klik opsi
Lock
(fon gembok). Takdirnya icon induk kunci tertutup berarti layer mutakadim terkunci, jika icon gembok terbuka berfaedah layer tidak terkunci.

Saat Layer kita trik, semua objek di dalamnya tidak bisa kita hapus, move dan lain sebagainya.

6. Mandu Menyetip Layer

Bagi menghapus layer, kita layak urai kotak dialog Layer_Properties_Manager, adv amat klik layer yang akan kita matikan, sesudah itu tekan tombol Delete pada keyboard.


Untuk belajar AutoCAD dengan panduan video, silakan kunjungi channel youtube Tukang Gambar.

Source: https://tukanggambar3d.com/membuat-dan-menggunakan-layer-autocad/