Belajar Membuat Batik Di Surabaya

Untuk melestarikan dan memupuk rasa cinta terhadap batik, di Surabaya didirikan flat batik Jawa Timur. Di sini masyarakat terutama generasi muda bisa belajar simultan cara membatik dan mengenal seni batik secara benar-benar.

Rumah batik Jawa Timur ini berkecukupan di perkembangan dukuh bulak banteng Surabaya. Didirikan atas prakarsa pengrajin batik radiks pamekasan Madura, faiqah ismail lega 2004. Awalnya ide ini muncul bikin menjaga keunikan tulisan, corak batik yang membedakan seni budaya lokal dari berbagai distrik di Jawa Timur. Sebagai halnya corak dan motif menulis khas bersumber Pamekasan Madura, Menulis Surabaya, Mojokerto, Banyuwangi atau batik motif Ponorogo.

Di rumah menulis ini , pengunjung boleh membeli atau tetapi ingin sekedar melihat-lihat hasil karya cipta warisan nusantara ini. Bagi pengunjung , terutama anak asuh mulai dewasa lagi dapat membiasakan langsung maupun masuk tutorial cara membatik dengan bermacam ragam rona dan motif dibimbing para pengarajin atau pengajar seni membatik tujuannya, mendorong rasa gegares dan pemeliharaan batik kepada generasi penerus bangsa, atau akrab disebut kaum milenial.

“Konsumen bisa coba-coba secara prodeo. Permintaan bertambah banyak terutama dari sekolah-sekolah rata-rata yang dari Surabaya. Banyaknya permintaan, kita bakal skema prosedur membatik dan seleksian-pilihan menggambar di Jawa Timur,” ujar Syarif Usman, Organisator Menulis Jawa Timur, demikian seperti mana ditayangkan dalam program Fokus.

Bikin biaya kursus berlatih membatik perorangan sekitar Rp 500 mili dan kelompok Rp 75 mili sendirisendiri anggota, privat 7 boleh jadi persuaan. Murid disediakan tiras sempurna dengan canting dan peralatan membatik. Hasil karya batik para siswa kelak dapat berbarengan dibawa pulang. Rumah menggambar Jawa Timur ini pertalian mendapatkan rekor muri karena berhasil membuat karya batik nama kota Surabaya terbesar.

Source: https://enamplus.liputan6.com/read/4055698/video-yuk-belajar-membatik-di-surabaya