Belajar Membuat Batik Di Kampung Trusmi

Lokasi : Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Weru, Weru Daksina, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Maps : Klik Disini
HTM : –
Jam Operasional : 08:00 – 21:00
No. Telp : +62231325131

Batik ialah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah lalu diakui makanya UNESCO pada copot 2 Oktober tahun 2009. Sehingga, pada periode tersebut diperingati sebagai Tahun Menulis. Batik memiliki keunikan unik sehingga batik menjadi salah satu pakaian ciri khas Indonesia.

Terletak berbagai macam motif batik yang suka-suka di Indonesia, sama dengan menulis awan kelam, batik parang, batik kawung, dan lain-bukan. Selain itu pengrajin batik seorang ada di berbagai palagan di Indonesia dan rata-rata pengrajin batik yang terkenal berada di kewedanan Jogja dan Tersendiri.

Akan sahaja di Jawa Barat tepatnya di Cirebon, terdapat riuk suatu kampung yang mana para penduduknya menjadi pengrajin batik. Nama kampung tersebut ialah Kampung Batik Trusmi.


Sekilas Tentang Kampung Menggambar Trusmi

Batik Trusmi 3
Pengrajin Menulis Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Objek wisata ini ialah pusat pabrik batik yang ada di daerah Weru, Cirebon. Selain menjadi sentra pabrik batik, Kampung Batik Trusmi ini kembali menjadi panggung pelancongan kuliner. Setidaknya ada lebih terbit 3000 personel nan mengrajin menulis.

Awalnya, kegiatan membatik yang dilakukan warga selingkung dilakukan oleh Pintu Gede Trusmi, salah satu pengikut setia Sunan Gunung Jati. Selain mengrajin menulis, Capuk Gede Trusmi juga menyerakkan wangsit agama Islam.

Sebatas perian ini, kober Bopeng Gede Trusmi terawat dengan baik dan diadakan upacara setiap empat musim. Upacara tersebut dinamakan upacara Ganti Welit atau sengkuap rumput dan formalitas Ganti Sirap.

Baca Juga Ardi Gronggong Cirebon, Lokasi Alamat, Dekat Tempat Kedai kopi, Pondokan Hotel + Cafe


Lokasi Kampung Batik Trusmi

Batik Trusmi
Lokasi Batik Trusmi, Foto : @jabartourism

Kampung Menulis Trusmi berada di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Weru, Weru Kidul, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh menuju target wisata ini dari pusat Kota Cirebon ialah seputar empat kilometer.

Di sejauh urut-urutan utama Kampung Menggambar Trusmi, Kamu bisa menemukan banyak showroom Batik Trusmi yang berada di tepi perkembangan. Banyaknya showroom ini juga bukan pemaafan dari antusiasme awam berusul beraneka ragam kota nan menyukai menggambar Cirebonan.

Tak tetapi showroom batik hanya nan tersaji, akan tetapi juga online shop Batik Trusmi terhidang juga di sini. Tentunya ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat di luar daerah malah luar provinsi buat membeli Menulis Trusmi.


Harga Tiket Masuk

Batik Trusmi 5
Batik di Kampung Menggambar Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Untuk menuju ke Kampung Batik Trusmi, Anda enggak dikenakan biaya tiket masuk. Akan tetapi jika Anda ingin membeli batik ataupun mengepas kuliner khas Cirebon, tentunya dikenakan biaya kerjakan menulis dan lambung yang Anda beli.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tentunya dikenakan biaya parkir di setiap tempat. Jadi, Kamu terbiasa menyiagakan biaya untuk menuju ke bekas ini.


Daya Tarik Kampung Batik Trusmi

Batik Trusmi 2
Batik Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Batik Trusmi menjadi pelecok satu batik Kebangsaan yang terkenal  serta masuk ke golongan Batik Pesisir. Sebagian dari Menggambar Cirebonan pula digolongkan ke dalam kerubungan batik Keraton. Hal itu tentunya menjadi keseleo suatu mulai sejak kancing tarik sasaran wisata ini.

Selain itu, masih banyak rahasia tarik Kampung Batik Trusmi yang membuat kampung ini terkenal mencecah seluruh Nusantara. Berikut adalah resep tarik kampung menggambar nan ada di Cirebon tersebut :


Banyaknya Showroom Batik

Seperti yang telah disampaikan di atas, Sira bisa menemui banyak showroom menggambar yang ada di sekitaran perkembangan Kampung Menggambar Trusmi. Keadaan ini tentunya menjadi daya tarik singularis. Detik hari libur, kampung ini dipadati makanya banyak wisatawan.

Tak hanya berusul Jakarta dan Bandung saja yang berkunjung ke Kampung Menggambar Trusmi, tambahan pula ada yang jauh-jauh datang dari Sumatera kerjakan membeli menggambar. Bukan hanya berbelanja batik namun, para wisatawan pun bisa berburu tiras batik untuk dikreasikan juga.


Aksesoris Bermotif Batik

Tidak hanya kain batik namun yang bisa Anda temukan di kampung batik yang cak semau di Cirebon ini, tetapi juga aksesoris bermotif batik. Menginjak dari tas, kopiah turki, sandal, lebih lagi hingga helm bermotif menulis pun bisa Anda temukan.

Helm bermotif menggambar ini tentunya menjadi keseleo satu daya tarik dari Kampung Batik Trusmi, sehingga para pemburu helm pun berdatangan ke Kampung Menulis Trusmi.

Motif menggambar nan digambar ini pula terdiri berusul berbagai motif khas Cirebonan. Sehingga, Sira boleh menjadikan helm dan aksesoris yang dijual ini dapat menjadi makanya-maka dari itu nan bisa Dia panggul pulang.

Kepingin berenang baca juga Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Juni


Wisata Kuliner

Anda juga bisa berwisata kuliner di Kampung Menulis Trusmi. Laksana tempat wisata nan ramai dikunjungi banyak sosok, tentu para pengasong kuliner khas Cirebon membuka lapak dagangannya di sekitaran Kampung Batik Trusmi.

Kuliner khas Cirebon seperti Empal Gentong, Tahu Gejrot, Kerupuk Melarat, Sego Lengko, dan tidak-lainnya bisa Dia temukan di Kampung Batik Trusmi. Jadi bagi nan lejar seharian berkeliling Kampung Batik Trusmi, Anda dapat menjajal kuliner individual Cirebon di Kampung Batik Trusmi.


Berlatih Membuat Batik

Di showroom sekitaran Kampung Menulis Trusmi tidak hanya lego menggambar tetapi, namun juga Dia bisa mencoba sparing takhlik batik. Menulis memang harus dilestarikan oleh masyarakat sendiri.

Karena jikalau bukan kita masyarakat Indonesia, kali lagi yang akan mengrajin batik di generasi berikutnya? Membuat menggambar memang bukan hal nan mudah, akan tetapi membutuhkan ketelitian dan keuletan dalam membuatnya.


Ritual Resan

Apabila Ia datang ke Kampung Batik Trusmi tepat sreg tanggal 25 bulan Maulud, Sira boleh menyaksikan upacara adat di selingkung makam Borek Gede Trusmi.

Upacara adat tersebut bernama Ganti Welit atau penggantian tarup dari ramin daun kelapa yang terserah di Makam Bab Gede Trusmi. Pada hari itu juga digelar iring-iringan dan upacara lainnya yang kembali sebagai masa peringatan lahirnya Rasul Muhammad SAW.

Sekian pembahasan akan halnya Tamasya Kekinian di Kampung Batik Trusmi Cirebon nan dapat kami periksa. Sebaiknya bisa menambah informasi dan menjadi destinasi liburan dia dan keluarga.


Source: https://tempatwisata.id/batik-trusmi/