Belajar Membuat Basis Data Penjualan

Hallo Sahabat programmer, kali ini saya akan membagikan contoh database penjualan produk di MySQL. Database ini adalah database yang cukup sederhana untuk sistem penjualan komoditas secara umum.

Database nan dibuat menggunakan database MySQL, Kenapa memilih database tersebut ? Karena detik ini menurut saya, kebanyakan programmer makin mengidas mysql sebagai database pilihan mereka untuk berekspansi sebuah sistem. Banyak alasannya keseleo satunya karena akses nan mudah dan telah banyak dokumentasinya.

Baca juga : Prinsip Membuat Database di MySQL

Database yang saya buat ini hanya sebagai contoh ya, untuk kalian dapat punya gambaran tentang database penjualan barang. Nantinya kalian bisa modifikasi alias kembangkan sesuai dengan kebutuhan sistem yang akan dibuat.

Analisa Kebutuhan Tabel

Database penjualan komoditas secara publik memiliki 5 Tabel:

  1. Barang

    Sreg tabel ini berisi data-data barang yang dijual, deklarasi yang disimpan berupa, label barang, harga, stok.
  2. Supplier

    Pada grafik ini menggudangkan data-data yang terkait dengan supplier sebagai penyuplai produk.
  3. Pembeli

    Menyimpan data terkait penawar nan mengerjakan pembelian diaplikasi.
  4. Transaksi

    Menyimpan makrifat detail transaksi yang dilakukan. Misalnya pada saat transaksi dilakukan, boleh jadi yang mengerjakan transaksi, dan dagangan apa nan dibeli. Semuanya di record di tabel ini
  5. Pembayaran

    Puas tabel ini minyampan data tersapu pembayaran yang dilakukan oleh pembeli.

Desain & Struktur Tabel

Berikut ini ialah desain database penjualan barang, nan akan menjelaskan struktur berpokok setiap tabelnya. Masing-masing tabel saling berelasi (gandeng) antara satu dengan lainnya. Relasi dibuat dengan menempatkan kunci utama (primary key) plong tabel yang direlasikan sehingga menjadi muslihat tamu (foreign key ) pada tabel tersebut.

Database penjualan barang dengan mysql

Cara Takhlik Database di MySQL

Berdasarkan Desain Database diatas, Kita akan belajar bakal membuatnya. Ikuti langkah-anju berikut ini:

Takhlik Database Penjualan

              CREATE DATABASE penjualan
            

Membuat Tabulasi

  • Supplier
              create table supplier( id_supplier int not null auto_increment primary key, nama_supplier varchar(30) not null, no_telp char(13), mangsa varchar(100) );
            
  • Pembeli
              create table pelamar ( id_pembeli int titinada null auto_increment primary key, nama_pembeli varchar(30) not null, jk char(1), no_telp char(14), objek varchar(50) );
            
  • Barang
              create table barang ( id_barang int not null auto_increment primary key, nama_barang varchar(20) not null, harga int, stok int, id_supplier int, CONSTRAINT id_supplier FOREIGN KEY (`id_supplier`) REFERENCES `supplier` (`id_supplier`) );
            
  • Transaksi
              create table transaksi ( id_transaksi int titinada null auto_increment primary key, id_barang int, id_pembeli int, sungkap date, keterangan varchar(100), CONSTRAINT id_barang FOREIGN KEY (`id_barang`) REFERENCES `barang` (`id_barang`), CONSTRAINT id_pembeli FOREIGN KEY (`id_pembeli`) REFERENCES `obat` (`id_pembeli`) );
            
  • Pemasukan
              create table pembeli ( id_pembayaran int not null auto_increment primary key, tgl_bayar date, total_bayar int, id_transaksi int, CONSTRAINT id_transaksi FOREIGN KEY (`id_transaksi`) REFERENCES `transaksi` (`id_transaksi`) );
            

Download Database

Silahkan kalian bisa mendownload databasenya secara gratis, dengan cara klik tombol download dibawah ini:

[sociallocker id=”5349″] [/sociallocker]

Konklusi

Demikian artikel barangkali ini mengenai teladan database penjualan komoditas dengan mysql. Semoga berguna untuk teman-teman semuanya.

Database penjualan gegares menjadi hipotetis penataran karena penjualan adalah keadaan yang sering kita jumpai dalam nyawa sehari-periode. Sistem penjualan produk pada biasanya terdiri dari fitur mengelola barang, pelanggan, transaksi dan lainnya.

Tujuan membuat acuan ini agar sira punya gambaran/alur tentang sistem penjualan barang. Kamu juga bisa memodifikasi atau mengembangkan database ini sebagai latihan untuk berlatih.

Kerjakan meningkatkan kemampuan manajemen database, anda perlu menyibuk berbagai contoh kasus untuk dipelajari dan diekplorasi lebih lanjur.

Analisa Kebutuhan Tabel Database Penjualan

Lega contoh berikut menggunakan penelitian kasus yang memadai sederhana di mana struktur database hanya fokus pada pengelolaan barang/komoditas serta transaksi.

  1. Barang

    Berisi barang-produk, menyimpan makrifat berupa kode_barang, nama_barang, harga, suplai, dan siapa supplier barang tersebut.
  2. Supplier

    Menyimpan data-data supplier andai penyuplai barang.
  3. Pelanggan

    Menggudangkan data-data pelanggan yang melakukan pembelian.
  4. Transaksi

    Menyimpan data transaksi terkait kapan waktu transaksi, takrif, jumlah harga dagangan yang dibeli, dan siapa yang membeli.
  5. Detail Transaksi

    Menampung barang apa saja yang dibeli, harga barang ketika transaksi, dan qty (quantity) karena satu transaksi setiap satu pelanggan dapat membeli bertambah berasal satu komoditas.
  6. Penyerahan

    Menyimpan data pembayaran dari setiap transaksi.

Desain & Struktur Tabel Database Penjualan

Berikut ini adalah desain tabel yang saling berelasi antara satu dengan yang lain.

Database penjualan barang dengan mysql

Jikalau kamu masih bingung dengan kombinasi dan normalisasi pada database, yuk baca artikel di dasar ini.

Baca juga.

3 Tipe Gabungan Tabel Database (Mandu dan Contoh)

Normalisasi Database 1NF, 2NF & 3NF (Kaidah dan Contoh)

Download Contoh Database Penjualan

Untuk memudahkan, anda dapat mendownload ideal database ini secara cuma-cuma dengan mengeklik tombol download di bawah ini.

:(fa fa-cloud-download-alt): Download

Kesimpulan

Seperti itulah bayangan database pada sistem penjualan yang primitif dengan penjelasan puas setiap kebutuhan tabelnya. Kamu bisa mengembangkannya menjadi database penjualan online, makanan, busana, produk elektronik atau yang lain sebaiknya kemampuanmu mengenai membentuk database semakin bertambah baik.

Bagaimana cara membuat database di MySQL?

MySQL Membuat Database dan Table.

Buka command prompt dengan pendirian tekan ctrl + R keudian ketik cmd lalu enter..

Buka MySQL dengan prinsip mengetikan cd AppServ\MySQL\polong\MySQL..

Bila meminta password, masukkan password yang kalian buat (tapi biasanya password defaultnya “root”).

Database terserah apa aja?

Berikut varietas-diversifikasi database beserta fungsinya..

Operational Database. … .

2. Database Warehouse. … .

3. Distributed Database. … .

Relational Database. … .

End-User Database..

Jelaskan apa itu MySQL?

MySQL
atau dibaca My Sequel ialah sebuah Database Management System atau sering disingkat DBMS yang dijalankan memperalat perintah SQL (Structured Query Language) yang terkenal digunakan kerjakan pembuatan
aplikasi
berbasis website.

Source: https://toptenid.com/database-penjualan-barang-dengan-mysql