Belajar Membuat Augmented Reality Untuk Android Dengan Unity

APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M Sekolah tinggi SEMARANG

Abstract

Realitas tertambah, ataupun kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), yaitu teknologi yang menggabungkan benda abstrak dua format dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah mileu maujud tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda niskala tersebut intern waktu nyata. Tak seperti realitas maya yang seutuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Pengkajian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti fase – fase yang ada di waterfall. Aplikasi ini akan dibangun dengan memperalat Unity3D dan Vuforia.
Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan suatu aplikasi sokong pembelajaran cak bagi memudahkan mahasiswa privat memahami materi augmented reality melalui perangkat mobile. Sehingga mahasiswa pun bisa memahami bagaimana mobile augmented reality dapat membantu mahasiswa mengaram secara nyata target 3D secara interaktif.

Keywords

augmented reality, mobile, 3d object

References

Azhar, Kurat Fajri.2011 “Pemakaian Augmented Reality untuk Game “Ranger Target” FPS Berbasis Android Menunggangi Unity 3D dan Vuforia SDK”. Fakultas Teknologi Informasi, Perguruan tinggi Teknologi Deka- Nopember.

Ben, Butchart, 2022.”Augmented Reality for Smartphones”, Apress,

Cawood, Stephen. Fiala, Mark. 2008 “Augmented Reality A Practical Guide”. Apress.

DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




| View My Stats |

Kronik Transformatika : Journal Information Technologyby Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang Universityis licensed under aCreative Commons Attribution 4.0 International License.

Source: https://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/442