Belajar Membuat Aplikasi Sejenis Scrapper

Teknik pengumpulan data sekunder memang menginjak banyak dilirik. Selain karena disebabkan oleh pemungutan data primer yang meratah bertambah banyak periode, biaya, dan tenaga, data sekunder juga dapat digunakan untuk menguji dan memperbaiki hasil penelitian sebelumnya. Suka-suka banyak website resmi yang menyediakan data sekunder dan membolehkan masyarakat umum untuk menggunakannya, seperti BPS.

Setimpal seperti proses penumpukan data primer yang mempunyai beberapa teknik, data sekunder juga demikian. Salah satu teknik yang boleh digunakan adalah web scraping. Teknik ini akan sangat berguna jika data yang cak hendak diambil berjumlah habis banyak atau bisa dikatakan sebagai big data. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai teknik web scraping selanjutnya, menginjak dari pengertian, cara kerja, dan alasan mengapa web scraping menjadi sepan penting buat dikuasai di era ini. Penasaran kan? Marilah, simak artikelnya!

1. Signifikansi Web Scraping

Web scraping merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang ada dalam sebuah website secara faali dan individual. Dikatakan tersendiri karena data yang diambil sekadar di bagian tertentu cuma sesuai dengan kebutuhan. Lazimnya halaman web yang bisa dilakukan scraping merupakan halaman web nan dibuat dalam bahasa markup XHTML ataupun HTML. Bikin melakukan web scraping ini bisa menggunakan bahasa pemrograman Python, namun ada sekali lagi add-ins di google chrome yang bisa di instal untuk melakukan scraping.

Baca pula :

Data Amatan : 2 Tipe Metode yang Terdahulu Untuk Dia Senggang n domestik Analisis Data

2. Cara Kerja Web Scraping

Cara kerja berpokok web scraping bisa dibagi menjadi empat langkah, yang permulaan adalah membuat programa yang akan digunakan untuk mempelajari dokumen HTML yang ada di website yang dijadikan tujuan buat diambil datanya. Anju kedua merupakan proses pembuatan acara nan digunakan untuk mempelajari teknik navigasi pada website tersebut, sehingga kita dapat mengaplikasikannya lega aplikasi web scraper yang dibuat. Langkah lebih jauh adalah proses pengambilan data secara otomatis dari website yang telah ditentukan, ancang ini baru boleh dilakukan ketika langkah permulaan dan kedua telah berbuah. Dan yang ragil, menyimpan data nan didapatkan internal database.

3. Mengapa Web Scraping Penting?

Teknik web scraping boleh memudahkan pencahanan anak adam dalam proses mengumpulkan data. Kita bukan perlu lagi mengerjakan survey kerjakan situasi-hal yang mutakadim ada di website, contohnya kepuasan pelanggan. Kita cukup men-scraping data yang ada di website tersebut. Urut-urutan big data sekali lagi sangat mendukung pendayagunaan web scraping, karena semua data yang berukuran lautan dan bervariasi tersebut bisa ditarik secara faali. Saja sayangnya, kerjakan melakukan web scraping tak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kemampuan tingkat tinggi di bidang pemrograman lakukan melakukannya.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

4. Mari Mulai Membiasakan Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Lakukan Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Beber academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile bagi mengawasi tahun subscription yang sudah lalu terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu mutakadim terupgrade, dan anda bisa mulai Belajar Data Science Prodeo 1 bulan.


    Penulis: Gifa Delyani

    Editor : Annissawd

    Postingan Terkait

    Source: https://www.dqlab.id/kenali-web-scraping-salah-satu-teknik-pengumpulan-data-sekunder