Belajar Membuat Aplikasi Raport Sederhana Dengan Excel

Mengolah Nilai Siswa dengan Cepat  –Saat ini, berkembangnya teknologi semakin melancarkan tugas guru kerumahtanggaan pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam keadaan memberikan ataupun ki melatih kredit siswa melalui sambung tangan teknologi.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Dengan bantuan aplikasi ini, guru dapat dengan cepat melakukan pemberian skor maupun melakukan penggodokan ponten tiap petatar melalui rumus tertentu yang ada di Excel.

Sebagaimana diketahui, Microsoft Excel adalah bagian dari program Microsoft Office yang terintegrasi secara langsung melalui sistem operasi Windows di organ komputer jinjing.

Di dalam tuntutan Microsoft Excel ini terdapat banyak fitur yang bisa memudahkan penggunanya untuk berbuat pengolahan data berbasis skor dan menghitungnya secara cepat.

Selain itu, di privat petisi Excel ini pun terwalak rumus-rumus tertentu yang bisa digunakan maka itu para penggunanya bikin merebus dan cak menjumlah akumulasi hasil berbentuk ponten dengan makin simpel dan mudah.

Terwalak sejumlah rumus yang tenar digunakan dalam Excelmenggembleng nilai siswa dengan cepat.

Sum

Rumus ini digunakan untuk mengamalkan pencacahan angka melalui sel nan ditandai dengan fon =SUM

Count

Rumus ini digunakan buat menghitung jumlah biji yang ada di tiap penjara nan ditandai dengan tanda baca =COUNT

Average

Rumus ini digunakan bikin menotal total umumnya angka yang terserah di sel nan hendak dipilih, rumus ini ditandai dengan fon =AVERAGE

If

Rumus ini digunakan lakukan mengidentifikasi data berdasarkan ilmu mantik nan ditandai dengan benar atau salah, rumus ini ditandai dengan tanda baca =IF

Langkah Penggarapan Nilai Siswa dengan Excel

Bagi memulai melakukan pengolahan data nilai siswa secara faali dengan Microsoft Excel, langkahnya adalah umpama berikut:

  • Beber tuntutan Microsoft Excel di perlengkapan komputer.
  • Untuk halaman baru, kemudian pada tiap ruangan beri tajuk dengan nomor, nama, poin harian 1, nilai koran 2, nilai harian 3, rata-rata nilai harian, testing tengah semester, ujian akhir semester dan nilai raport serta keterangan.
  • Masukan data sesuai dengan ruangan nan suka-suka.
  • Sehabis radu, blok baris rata-rata kemudian gunakan rumus =AVERAGE (pilih baris nilai koran 1, 2 dan 3) setelah itu tekan Enter.
  • Sekiranya proses penghitungannya benar, akan muncul poin hasil bersumber penjumlahan lazimnya nilai harian tiap pelajar.
  • Hasil dari ponten umumnya seluruh siswa itu, kemudian di blok seluruhnya dan salin ataupun tekan Ctrl + C.
  • Sehabis itu, klik kolom nilai rata-rata harian kemudian paste hasil dari biji umumnya seluruh petatar yang mutakadim disalin.
  • Untuk ponten raport, pilih cell di kolom biji raport, caranya ketik rumus “=((2*F6)+G6+(2*H6))/5” sesudah itu tekan Enter.

Setelah memperoleh hasil nilai tiap murid melalui rumus yang ada pada Microsoft Excel awalan lebih lanjut adalah menyimpan hasil dari penggodokan angka yang telah dilakukan bikin bisa digunakan pada proses penilaian berikutnya.

Sudahlah, demikian tadi ialah penjelasan ringkas tentang cara mengolah kredit siswa dengan cepat menggunakan aplikasi Microsoft Excel.


Daftarkan diri Sira sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan bagi meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut lakukan gabung menjadi member e-Temperatur.id!


(shd/shd)

Source: https://naikpangkat.com/mengolah-nilai-siswa-dengan-cepat-dan-otomatis-menggunakan-excel/